Kamis, 07 Maret 2013

ANATOMI REPRODUKSI IKAN


Laporan Praktikum ke-2                             Hari/Tanggal : Senin/8 Oktober 2012     
m.k. Fisiologi Reproduksi                             Asisten            : Cahyadin
Organisme Akuatik                                                                 Cahya Lestari
                                                                         


                                   



ANATOMI REPRODUKSI IKAN

Intan Kurnia Sakarosa           C14100056







                            

DEPARTEMEN BUDIDAYA PERAIRAN
FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN
INSTITUT PERTANIAN BOGOR
2012












I.     PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang
          Reproduksi merupakan aspek biologis yang terkait mulai dari diferensiasi seksual hingga dihasilkan individu baru. Pengetahuan tentang ciri reproduksi yaitu mengetahui tentang perubahan atau tahapan-tahapan kematangan gonad untuk mengetahui perbandingan ikan-ikan yang akan atau tidak melakukan reproduksi. Pengetahuan tentang ciri reproduksi tidak akan sempurna apabila tidak diiringi dengan pengetahuan anatomi reproduksi baik jantan maupun betina.
          Gonad adalah organ reproduksi yang berfungsi menghasilkan sel kelamin (gamet). Gonad ikan betina dinamakan ovari dan gonad ikan jantan dinamakan testes. Ovari dan testes ikan dewasa biasanya terdapat pada individu yang terpisah, kecuali pada beberapa ikan yang ditemukan gonad jantan dan betina ditemukan dalam satu individu (ovotestes). Gonad ikan terletak didekat anus memanjang ke depan mengisi rongga badan. Gonad memiliki tingkat kematangan yang berbeda-beda, mulai dari Tingkat kematangan Gonad (TKG) I (belum matang) sampai Tingkat Kematangan Gonad (TKG) IV (matang). Oleh karena itu, praktikum ini perlu dilakukan agar mengetahui Tingkat Kematangan Gonad (TKG) setiap jenis ikan.

1.2         Tujuan
Praktikum anatomi reproduksi ikan ini bertujuan untuk mengetahui struktur anatomi reproduksi pada ikan.




II.  HASIL DAN PEMBAHASAN

2.1         Hasil
          Berikut gambar gonad ikan mas jantan dan betina pada praktikum anatomi reproduksi ikan.
                                                (a)                                            (b)
Gambar 1. Gonad ikan Mas (a) betina dan (b) jantan
Berdasarkan gambar 1 diatas dapat kita ketahui bahwa terdapat
Berikut gambar gonad ikan lele jantan pada prkatikum anatomi reproduksi ikan.
Gambar 2. Gonad ikan lele jantan


-foto gonad ikan mas dan ikan lele (jantan dan betina)
-gambar gonad ikan mas dan ikan lele (jantan dan betina) dari internet, (bagus) sertakan sumber gambar yang diperoleh dan masukkan ke dapus
-interpretasi foto gonad yang diperoleh dan adakah perbedaan dengan gambar yang didapatkan?
2.2     Pembahasan
          Anatomi:
Gonad adalah organ reproduksi yang berfungsi menghasilkan sel kelamin (gamet). Gonad dapat berfungsi untuk mengontrol karakteristik kelamin sekunder. Struktur dan bentuk biasanya belum terbentuk pada awal produksi sel. Gonad ikan betina dinamakan ovari dan gonad ikan jantan dinamakan testes. Ovari dan testes ikan dewasa biasanya terdapat pada individu yang terpisah, kecuali pada beberapa ikan yang ditemukan gonad jantan dan betina ditemukan dalam satu individu (ovotestes). Gonad terletak pada bagian anus yang memanjang kedepan mengisi rongga perut.


-          Letak gonad jantan dan betina (sudah)
-          Ciri jantan dan betina pada ikan yang dipraktikumkan (tkw)
-          Tipe testis vesikular seminalis dan terminalis + gambar (cindy)
-          TKG (Tingkat kematangan Gonad) dan IKG (Indeks Kematangan Gonad) ikan praktikum dan bandingkan dengan tinpus (cindy)



DAFTAR PUSTAKA

Cari contoh penulisan dapus di skripsi.
Tinpus tidak boleh dari blog, wordpress, dan wikipedia



Keterangan lainnya:
-format penulisan IPB (4333)
-spasi penulisan 1,5
-paragraph before 0 pt, after 0 pt







ikan ikan mas (Cyprinus carpio)
Ikan mas (Cyorinus carpio, L.) merupakan spesies ikan air tawar yang sudah lama dibudidayakandan terdomestikasi dengan baik di dunia.
Taksonomi ikan mas (Cyprinus carpio)
Kelas               :Osteichthyes
Sup kelas         :Actinopterygii
Ordo                :Cypriniformes
Famili              :Cyprinidae
Genus              :Cyprinus
Spesies            : Cyprinus carpio

Ciri primer
Ikan mas jatan mempunyai organ yang bernama testis, terdapat 2 buah lubang yaitu: anus dan lubang sperma merangkap lubang urine dan jika perut distriping mengeluarkan cairan putih kental yang disebut sperma, sedangkan ikan mas betina mempunyai organ yang bernama ovari dan terdapat 3 buah lubang pada urogenetial yaitu: dubur, lubang pengeluaran telur dan lubang urine dan jika perut distriping tidak mengeluarkan cairan.
   Ciri sekunder
Ikan mas jantan memiliki badan langsing, gerakan lincah dan gesit. Sedangkan ikan mas betinamempunyai badan yang lebih besar, bagian perut besar, buncit dan lembek, serta gerakan lambat.


Ciri ikan ikan lele (Clarias sp.)
Taksonomi ikan lele (Clarias sp.)
Kingdom         :Animalia
Phyllum           :Chordata
Sub-phyllum    :Vertebrata
Klas                 :Pisces
Sub-klas          :Teleostei
Ordo                :Ostariophysi
Sub-ordo         :Siluroidea
Familia            :Clariidae
Genus              : Clarias
Speies              : Clarias sp.
Ciri primer
Ikan lele jatan mempunyai organ yang bernama testis, mempunyai urogenital papilla (kelamin) agak menonjol, memanjang ke arah belakang, terletak di belakang anus, dan warna kemerahan, jika sudah matang gonad kelamin yang berbentuk papila membengkak dan berwarna merah tua, bila diurut akan keluar cairan sperma berwarna putih. sedangkan ikan lele betina mempunyai organ yang bernama ovari kalau di sekitar kloaka ditekan akan keluar beberapa butir telur yang bentuknya bundar dan besarnya seragam.

Ciri sekunder
Ikan lele jantan kepalanya lebih kecil dari induk ikan lele betina, warna kulit dada agak tua bila dibanding induk ikan lele betina, gerakannya lincah, tulang kepala pendek dan agak gepeng (depress), perutnya lebih langsing dan kenyal bila dibanding induk ikan lele betina, kulit lebih halus dibanding induk ikan lele betina. Sedangkan ikan lele betina kepalanya lebih besar dibanding induk lele jantan, warna kulit dada agak terang, gerakannya lambat, tulang kepala pendek dan agak cembung, perutnya lebih gembung dan lunak.






Daftar pustaka
Badan Standardisasi Nasional. 1999. SN I01-6131-1999 (Produksi induk ikan masCyprinus carpio L. strain majalaya kelas induk pokok). Jakarta
Badan Standardisasi Nasional. 1999. SNI 01-6133-1999 (produksi benih ikan mas,Cyprinus carpio L. strain majalaya kelas benih sebar). Jakarta
Hardjamulia,A. 1995. system pengadaan stok induk ikan mas unggul. Makalah disampaikan pada pelatihan Pengelolaan Induk Ikan Mas di Balai Budidaya Air Tawar, tanggal 10-24 Desember 1995. 13 hal.
Hulata, G., 1995. A review of genetic improvement of the commom carp (Cyprinus carpio L.) and other cyprinids by crossbreeding, hybridization, and selection. Aquaculture 129:143-155
Sucipto, A. 2002. Budidaya ikan nila (Oreochromis sp.). Makalah disampaikan pada Workshop Teknologi dan Manajemen Akuakultur, Himpunan Mahasiswa Akuakultur IPB, di Bogor tanggal 20, 21 dan 28 April 2002. Balai Budidaya Air Tawar Sukabumi. 9 hal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar