Rabu, 20 Februari 2013

Pengaruh Tekanan Osmotik Media Terhadap Tingkat Kelangsungan Hidup Dan Pertumbuhan Benih Ikan Patin (Pangasius sp.) Pada Salinitas 5 ppt


Judul     : Pengaruh Tekanan Osmotik Media Terhadap Tingkat Kelangsungan Hidup Dan Pertumbuhan Benih Ikan Patin (Pangasius sp.) Pada Salinitas 5 ppt
Nama  : Klory Adi Nugrahaningsih
NRP    : C14104009
            Benih ikan patin dapat tumbuh dan hidup dengan baik pada kisaran salinitas 3 sampai 7 ppt. Salinitas dan tekanan osmotik berhubungan erat, yaitu tekanan osmotik disebabkan oleh perbedaan konsentrasi antara cairan yang satu dengan yang lainnya yang dibatasi oleh membran semipermeabel, dalam hal ini larutan yang satu adalah media pemeliharaan bersalinitas 5 ppt dan larutan lainnya adalah cairan tubuh ikan. Namun pengaruh tekanan osmotik terhadap tingkat kelangsungan hidup serta pertumbuhan belum diketahui dengan jelas. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dilakukan penambahan kalsium hidroksida (Ca(OH)2) yang berfungsi sebagai osmoregulator (pengaturan), pengaturan permeabilitas dinding sel dan dapat meningkatkan tekanan osmotik.
Rancangan percobaan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL) dengan lima perlakuan yang masing-masing diulang tiga kali. Perlakuan yang diberikan meliputi Kontrol tanpa penambahan Ca(OH)2, A dengan penambahan 10 mg/l Ca(OH)2, B dengan penambahan 20 mg/l Ca(OH)2, C dengan penambahan 30 mg/l Ca(OH)2, serta D dengan penambahan 40 mg/l Ca(OH)2. Parameter yang diamati antara lain tingkat kelangsungan hidup, laju pertumbuhan harian, pertumbuhan bobot, pertumbuhan panjang, dan kualitas air.
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa diantara Kontrol dan empat perlakuan penambahan 10 mg/l, 20 mg/l, 30 mg/l, dan 40 mg/l Ca(OH)2, perlakuan dengan penambahan Ca(OH)2 sebanyak 20 mg/l menghasilkan media pemeliharaan yang paling baik. Pada akhir penelitian, perlakuan tersebut menghasilkan benih ikan patin dengan pertumbuhan yang baik yaitu memiliki bobot 1,58±0,19 gram, laju pertumbuhan harian 6,13 %, dan panjang 4,84 cm. Secara umum, kualitas air selama masa pemeliharaan berada dalam kisaran optimal bagi pertumbuhan benih ikan patin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar